4. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SDN 1 PENGANJURAN KABUPATEN BANYUWANGI

Penulis

  • Diah Ayu Sanggarwati STIE Mahardika

DOI:

https://doi.org/10.54980/esd.v2i2.63

Abstrak

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desaian analitik kuantitatif. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau sensus, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai isntrumen utamanya, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data kuantitatif yang diperoleh, diolah dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 11.0.

Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi, sehingga Hipotesis Kerja (Ha) pertama dinyatakan dapat diterima. Hal ini terbukti dari penelitian bahwa t hitung variabel SDM sebesar 1,999 > t table 1,671. Sedangkan besarnya pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi adalah sebesar 30,5%.

Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi, sehingga Hipotesis Kerja (Ha) kedua dinyatakan diterima. Terbukti hasil penelitian : nilai thitung Komunikasi sebesar 2,729 > ttable 1,671. Sedangkan besarnya pengaruh kualitas Komunikasi terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Bantuwangi adalah sebesar 40%.

 

 

 

Penelitian ini menyatakan bahwa secara bersama-sama ada pengaruh signifikan dari variabel Kepemimpinan dan variabel Komunikasi terhadap kinerja guru, sehingga Hipotesis Kerja (Ha) ketiga yang menyatakan bahwa, secara bersama-sama ada pengaruh signifikan dari variabel Komunikasi terhadap Kinerja guru, setelah dilakukan penelitian dinyatakan teruji kebenarannya secara empirik.

Nilai Fhitung sebesar 22,194. Nilai ini kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikasi 5 % dapat dilihat yaitu : 2,53. Nilai Fhitung sebesar 22,194 Karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (22,194 > 2,53) berarti dapat dinyatakan bahwa : Hubungan bersama-sama variabel bebas Kepemimpinan (X1) dan variabel bebas Komunikasi (X2) terhadap variabel tergantung Kinerja guru

(Y) adalah suatu hubungan yang positif dan signifikan.

Ada pengaruh sebesar 49,2 % terhadpa variabel Y : Kinerja guru dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Penganjuran Kabupaten Banyuwangi yang ditimbulkan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Diterbitkan

2017-12-21